Jerawat Rentan Mempengaruhi Efek Psikologis, Kenapa?

Tak Berkategori

Losergeek.org.CO, Jakarta – Jerawat suatu kondisi kulit yang umum dialami semua orang. Biasanya jerawat muncul di wajah, punggung, leher, dada, dan bahu. Dikutip dari Healthline, penyebab jerawat tersebab pori-pori yang terbuka yang memungkinkan masuknya bakteri, kulit mati, atau minyak.

Tubuh merespons hal tersebut sebagai zat asing di dalam pori-pori. Setelah itu muncul bintil atau benjolan merah. Terkadang benjolan merah berisi nanah.

Jerawat dan efek psikologis

Kondisi jerawat rentan mempengaruhi penampilan. Terkadang orang yang berjerawat menjadi sasaran komentar tak mengenakkan atau shaming dalam lingkungannya. Merujuk DermNet, jerawat bisa saja memiliki efek sosial dan psikologis, karena mempengaruhi tampilan.

Dampak sosial dan psikologis jerawat mengena orang dengan umur antara 12 tahun sampai 25 tahun. Pada masa umur belasan kepribadian orang masih rentan terkait penampilan. Terkadang, pergaulan yang tidak sehat menyasar fisik atau citra tubuh, salah satunya jerawat. Akhirnya, jerawat yang sebetulnya kondisi umum yang muncul semasa umur belasan bisa mempengaruhi kondisi mental seseorang dalam pergaulannya.

Efeknya memicu keinginan untuk memanjangkan rambut supaya sebagian menutupi wajah atau memakai riasan yang tebal untuk menyamarkan jerawat. Meskipun orang tersebut bisa saja tahu riasan tebal akan memperparah jerawat.

Kondisi yang merasa malu karena menjadi sasaran ejekan lingkungan membuat seseorang merasa sungkan menjalin hubungan sosial yang baru. Sebab itu memunculkan kekhawatiran terhadap penilaian negatif dari orang lain. 

Iklan

Dikutip dari artikel Jerawat pada Remaja: Kenali Dan Atasi dalam situs web Kementerian Kesehatan, informasi tentang jerawat, sering berupa mitos yang beredar di masyarakat, bersumber dari saran teman atau penjelasan liar di media sosial. Informasi itu rentan diterima begitu saja dan cenderung tak tepat.

Semasa remaja atau pubertas terdapat perubahan fisik maupun psikis terkait hormon dalam proses pematangan organ reproduksi. Itu termasuk kelenjar yang berhubungan dengan mekanisme terbentuknya jerawat.

Jerawat dapat timbul di wajah, dada dan punggung sesuai bagian kelenjar sebasea atau minyak, penghasil sebum. Mula jerawat akibat peningkatan produksi sebum dan tersumbat dalam pori menyebabkan timbulnya komedo terbuka.

Peran orang tua penting untuk menampingi anaknya semasa pubertas. Dibutuhkan pendekatan secara emosional dan dorongan yang positif  agar tetap percaya diri dan tak terganggu hubungan sosialnya.

Pilihan Editor: Mengapa Jerawat juga Muncul di Lengan?



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *