Golkar dan PAN Dukung Prabowo, Pengamat: PDIP serta Koalisi Perubanan Mesti Kerja Lebih Keras

Tak Berkategori

Losergeek.org.CO, Jakarta – Partai Amanat Nasional (PAN) dan Golkar resmi mendeklarasikan Ketua Umum (Ketum) Gerindra Prabowo Subianto sebagai capres pada Pilpres 2024. Deklarasi dukungan ini dilakukan di Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu 13 Agustus 2023. 

Direktur Eksekutif Trias Politika Strategis Agung Baskoro menilai, bergabungnya Golkar dan PAN ini menghasilkan momentum-momentum politik di internal masing-masing partai maupun koalisi secara keseluruhan.  “Dengan masuknya Golkar – PAN ke Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) memastikan bahwa Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bubar dan Koalisi Prapilpres semakin mengerucut menjadi 3 poros, yakni Koalisi PDIP, KKIR, dan Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP),” kata Agung melalui keterangan resminya, Minggu 13 Agustus 2023. 

Agung mengatakan, di titik inilah peran krusial para King dan Queen Maker di masing-masing koalisi menjadi krusial. Hal ini untuk memastikan poros yang terbentuk bisa dipertahankan di tengah perdebatan capres-cawapres yang meruncing sebagai arahan demi mengejar efek ekor jas (coat tail effect) agar raihan suara partai bisa turut terdongkrak.  

“Di sisi PDIP, Megawati menjadi penentu atau Queen Maker. Kemudian dalam konteks KKIR, Presiden Jokowi semacam pengarah utama atau King Maker, sementara di KPP, peran sentral SBY sebagai King Maker menentukan keberlangsungan pencapresan Anies,” kata Agung. 

Iklan

Agung melihat, PDIP nampaknya mesti kerja lebih keras untuk menemukan cawapres yang tepat untuk mengalahkan elektabilitas Prabowo yang masih unggul dibandingkan dengan Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.  “Dalam konteks KPP, hadirnya koalisi besar (KKIR) semakin menegaskan bahwa diperlukan terobosan politik agar pencapresan Anies tak layu sebelum berkembang. Sehingga memilih cawapres dan kampanye yang atraktif begitu penting agar KPP tak hanya sekedar penggembira dalam Pilpres,” kata Agung.

Pilihan Editor: Kata Ganjar Soal Golkar dan PAN yang Dukung Prabowo



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *