Gerindra Sebut Kritik terhadap Food Estate Upaya Turunkan Kepercayaan Publik ke Prabowo

Tak Berkategori

Senin, 21 Agustus 2023 – 04:44 WIB

Jakarta –  Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, angkat bicara mengenai Program food estate yang belakangan ini menjadi sorotan minor dari beberapa kalangan. Banyak tuduhan yang dialamatkan, meski tidak secara tersurat, kepada Kementrian Pertahanan dan bahkan kepada Pak Prabowo sebagai pemangku kepentingan di Kementrian Pertahanan. 

Baca Juga :

Budiman Berani Deklarasi ke Prabowo di Kandang Banteng, PDIP Tak Ada Ampun Bagi Pembangkang

Tuduhan itu antara lain merugikan keuangan negara, upaya food estate ini sebagai kejahatan lingkungan, atau  bahkan ada triliunan dana yang mengalir ke parpol dari program ini. Oleh karena itu, Dasco berusaha menjawab berbagai tuduhan itu

Dasco mengatakan, program food estate merupakan program pemerintah yang memiliki konsep pengembangan pangan yang dilakukan secara terintegrasi mencakup pertanian, perkebunan, bahkan peternakan di suatu kawasan untuk meningkatkan cadangan pangan nasional. 

Baca Juga :

Ratusan Santri Dukung Gibran Jadi Cawapres Prabowo, Ini Alasannya

Kementan memperkuat hilirisasi pertanian di kawasan food estate

Kementan memperkuat hilirisasi pertanian di kawasan food estate

Program ini masuk dalam salah satu Program Strategis Nasional (PSN) 2020-2024, dimana program food estate telah dikembangkan di beberapa daerah seperti Sumatera Utara, Kalimantan Tengah, Sumatera Selatan, dan Nusa Tenggara Timur.

Baca Juga :

Hasto Serang Proyek Food Estate, PDIP Dinilai Tidak Solid

Program ini sendiri, menurutnya, diluncurkan pemerintah merujuk pada sejumlah analisis pakar dan praktisi yang menyampaikan kepada pemerintah bahwa permasalahan dan tantangan dibidang pertanian dan ketahanan pangan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia adalah gangguan supply bahan pangan, ancaman krisis pangan dan pembatasan dalam lapangan produksi.

Terkait dengan permasalahan dan tantangan tersebut, pemerintah telah menyiapkan rencana antisipasi dalam RPJMN Tahun 2020-2024, salah satu diantaranya adalah Program Lumbung Pangan Nasional (Food Estate).
 
“Untuk pelaksanaan dan pengembangannya, salah satu lembaga kementrian yang ditunjuk oleh Presiden Jokowi adalah Kementrian Pertahanan. Presiden Jokowi berharap, program ini bisa membuat Indonesia berdaulat tidak hanya dari sisi militer, namun juga bisa berdaulat dari sisi kemandirian pangan,”kata Dasco dalam keterangan yang diterima, Minggu 20 Agustus 2023.

Halaman Selanjutnya

Dasco menyerbut perlu memberikan penjelasan karena dirinya memahami bahwa belakangan ini isi kritik terkait program food estate dialamatkan kepada Pak Prabowo dan Partai Gerindra. Sejatinya, kata Dasco, terkait Kementrian Pertahanan yang ditunjuk oleh Presiden Jokowi untuk melakukan program food estate ini, sudah mendapatkan izin melalui kementerian KLHK untuk Kawasan Hutan Ketahanan Pangan seluas kurang lebih 6600 hektar.

img_title



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *