Dapat Dukungan Pendanaan dari JETP, PLN IP Siap Genjot Proyek EBT untuk Transisi Energi

Tak Berkategori

Rabu, 9 Agustus 2023 – 11:40 WIB

Jakarta – PLN Indonesia Power (PLN IP) siap mengakselerasi proyek Hijaunesia 2023 melalui adanya dukungan pendanaan dari program Just Energy Transition Partnership (JETP).

Baca Juga :

Sebut IKN Jadi Proyek Terbesar di Dunia saat Ini, Jokowi Tegaskan Lahannya Tak Ada yang Gratis

Program ini disebut sejalan dengan Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) 2021-2030 dimana PLN IP akan mengembangkan Green Energy sebesar 7 Giga Watt yang tersebar di 108 lokasi di seluruh Indonesia.

Direktur Utama PLN Indonesia Power, Edwin Nugraha Putra menyebutkan bahwa proyek Hijaunesia 2023 ini merupakan bentuk dukungan terhadap Pemerintah atas kesepakatan dengan negara-negara anggota G20 untuk mendorong transisi energi di Indonesia melalui pemetaan proyek energi bersih yang memperoleh dukungan pembiayaan dari JETP. Selain itu, lanjut Edwin, hal ini juga merupakan wujud komitmen korporasi dalam mengakselerasi transisi energi di Indonesia.

Baca Juga :

Pencairan PMN 2022 Tertunda, Waskita Karya Genjot Restrukturisasi hingga Pengerjaan Proyek

“Proyek-proyek yang disiapkan PLN Indonesia Power ini merupakan bentuk dukungan atas kesepakatan Pemerintah Indonesia dengan Negara anggota G20 dan juga sebagai wujud komitmen korporasi dalam mengakselerasi transisi energi di Indonesia dengan melibatkan berbagai mitra strategis baik dari dalam maupun luar negeri untuk mencari kualitas terbaik melalui adanya dukungan pembiayaan dari program JETP,” ujar Edwin dikutip dalam keterangan tertulis, Rabu, 9 Agustus 2023.

Presiden RI Jokowi dan Presiden Amerika Serikat Joe Biden

Presiden RI Jokowi dan Presiden Amerika Serikat Joe Biden

Photo :

  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

Baca Juga :

Kurangi Emisi Gas Rumah Kaca, Medco E&P dan PLN Kembali Teken Perjanjian Jual Beli Listrik

Di samping itu, Edwin menyampaikan, dengan kolaborasi bersama JETP sebagai partner International, pihak swasta dan organisasi lain, pihaknya berharap bisa bekerja sama dan sukses membangun energi hijau yang berkelanjutan di Indonesia.

Dalam kegiatan Investor Forum of Hijaunesia 2023, Head of JETP Secretariat Indonesia, Edo Mahendra menyambut dengan baik aksi PLN IP untuk mengakselerasi transisi energi di Indonesia di mana hal ini selaras dengan tujuan yang akan dicapai JETP Indonesia. 

Halaman Selanjutnya

Keseriusan dan perencanaan yang baik serta komitmen kerja sama diharapkannya membuahkan hasil. JETP yang terbentuk pasca ajang G20 ini merupakan lembaga konsorsium beberapa negara antara lain Amerika Serikat, Jepang, Kanada, Denmark, Uni Eropa, Perancis, Jerman, Italia, Norwegia dan Inggris yang siap menggelontorkan dana sebesar US$20 miliar untuk program dekarbonisasi ketenagalistrikan di Indonesia.

img_title



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *