Terlihat Sepele, Lima Hal ini Bisa Bikin Pengajuan Kredit Ditolak

Senin, 25 Maret 2024 – 22:02 WIB

Jakarta – que

Baca Juga :

Terpopuler: Arti Kode Penulisan Ban Mobil, 10 Langkah Pengajuan Kredit Kendaraan

 

Terdapat sejumlah faktor yang bisa menyebabkan penolakan pengajuan kredit, salah satunya adalah memiliki credit score yang rendah.

Baca Juga :

6 Fitur Kredit Kendaraan Bermotor yang Wajib Kamu Ketahui

Credit score adalah evaluasi yang diberikan kepada seseorang berdasarkan sejarah pembayaran dan riwayat kredit. Semakin tinggi credit score seseorang, semakin baik penilaiannya dalam hal kredit.

Individu dengan credit score rendah cenderung dianggap memiliki risiko tinggi untuk gagal membayar cicilan.

Baca Juga :

Kiat Bijak Memilih Layanan Pinjaman Fintech: Produktif atau Konsumtif?

Namun, selain credit score, ternyata hal ini juga bisa menyebabkan pengajuan kredit anda ditolak. Apa saja itu?

1. Persyaratan tidak lengkap

Dilansir dari beberapa sumber Senin, 25 Maret 2024, dokumen merupakan dasar yang paling penting dan pertama yang harus dipenuhi saat mengajukan kredit. Oleh karenya, ketidaklengkapan dokumen dapat mengakibatkan penolakan pinjaman.

Umumnya, dalam mengajukan kredit, dokumen yang diminta adalah KTP, Kartu Keluarga, NPWP, surat izin usaha hingga slip gaji. Jika pengajuan dilakukan melalui aplikasi fintech, disarankan untuk mengambil foto dokumen dengan jelas agar mudah dibaca. Pastikan foto yang diambil tidak kabur agar informasinya dapat terbaca dengan baik.

2. Riwayat kredit buruk

Saat mengajukan pinjaman kredit, biasanya aktivitas keuangan akan diperiksa melalui sistem OJK atau BI Checking oleh bank. Melalui pemeriksaan histori ini, bank akan mengetahui nilai kredit Anda. Semakin rendah skor kredit Anda, yang sering kali disebabkan oleh kegagalan pembayaran, akan meningkatkan kemungkinan penolakan pengajuan pinjaman.

3. Pinjaman melebihi limit

Umumnya, batas pinjaman ditentukan berdasarkan kemampuan dan kapasitas keuangan peminjam. Penentuan ini bisa berdasarkan slip gaji, riwayat kredit, dan bukti pendapatan lainnya.

Baca Juga  Kemenag Terbitkan Hampir 100 Ribu SK Inpassing Guru Madrasah Bukan ASN

Bank akan mengevaluasi sampai batas mana calon peminjam mampu membayar kewajiban finansialnya. Hal ini dilakukan untuk mengurangi risiko default pembayaran.

4. Jaminan tidak sesuai

Salah satu faktor penentu penerimaan pengajuan kredit adalah aset yang dijadikan jaminan. Pengajuan sering kali ditolak jika aset yang dijadikan jaminan oleh peminjam tidak memiliki nilai yang sebanding dengan jumlah pinjaman yang diminta, atau jika aset yang dijadikan jaminan tidak memenuhi standar yang ditetapkan oleh pemberi pinjaman.

Ilustrasi kredit

5. Gaal verifikasi

Penolakan pinjaman sering kali terjadi karena kegagalan dalam proses verifikasi. Hal ini biasanya disebabkan oleh kurangnya kehati-hatian dari calon peminjam saat mengisi formulir pengajuan pinjaman.

Contohnya, ketika mencantumkan nomor yang dapat dihubungi. Namun, terkadang tulisan kurang jelas atau ada kesalahan dalam penulisan angka, misalnya kurang satu digit. Jika menggunakan platform digital, foto dokumen juga bisa menjadi kurang jelas karena masalah pencahayaan yang tidak memadai.

Ilustrasi kredit

Dokumen Persyaratan Pengajuan Kredit atau Pembiayaan Bagi Debitur Perorangan

Dalam proses pengajuan kredit atau pembiayaan bagi debitur perorangan, terdapat beberapa dokumen yang harus disiapkan. Dokumen ini perlu diperlukan sebagai syarat.

img_title

VIVA.co.id

25 Maret 2024



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *