Rumah di Kertanegara Kebayoran Baru Disewakan Alex Tirta Untuk Firli Bahuri Seharga Rp 650 Juta

Selasa, 31 Oktober 2023 – 16:44 WIB

Jakarta – Rumah di Jalan Kertanegara Nomor 46, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, yang menjadi safe house Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri, ternyata tidak disewa langsung oleh Firli.

Baca Juga :

Kombes Irwan Kembali Diperiksa di Kasus Pemerasan, Bakal Dikonfrontir dengan SYL?

Yang menyewakan rumah itu untuk Firli adalah bos Hotel Alexis, Alex Tirta. Rumah itu disewa dengan harga sekitar Rp 650 juta setahunnya oleh pria yang masih menjabat sebagai Ketua Harian PP PBSI itu. Dikonfirmasi kebenarannya, kepolisian tidak menampik hal tersebut.

“Sewanya sekira Rp 650 juta setahun,” kata Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Kombes Ade Safri Simanjuntak, kepada wartawan, Selasa 31 Oktober 2023.

Baca Juga :

Dadan Tri Bersama Hasbi Hasan Didakwa Terima Suap Rp11,2 Miliar di Kasus MA

Adapun pemilik rumah Kertanegara adalah E. Sampai saat ini, mantan Kapolres Kota Solo itu tidak merinci siapa sosok E sebenanya. Rumah ini sendiri diketahui telah digeledah polisi, tekait kasus dugaan pemerasan oleh pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam penanganan kasus korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan) tahun 2021. Adapun penggeledahan dilakukan pada 26 Oktober 2023.

“Pemilik rumah Kartanegara No 46 adalah E dan yang menyewa rumah Kartanegara no 46 dari E adalah Alex Tirta,” ujar Ade.

Baca Juga :

Kasus Dugaan Pemerasan oleh Pimpinan KPK, Syahrul Yasin Limpo Diperiksa Lagi di Bareskrim

Untuk diketahui, Polda Metro Jaya menaikkan status kasus dugaan pemerasan yang dilakukan pimpinan KPK dalam penanganan kasus korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan) tahun 2021 ke penyidikan.

“Selanjutnya direkomendasikan untuk dinaikkan status dari penyelidikan ke tahap penyidikan,” ujar Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Ade Safri Simanjuntak kepada wartawan, Sabtu 7 Oktober 2023.

Baca Juga  Terpaksa Jadi Bek Tengah, Gelandang Real Madrid Kok Malah Jago?

Bantahan Firli Bahuri

Syahrul Yasin Limpo Temui Ketua KPK Firli Bahuri Lagi Main Badminton

Dugaan pimpinan KPK yang melakukan pemerasan terhadap SYL dispekulasikan mengarah ke Firli Bahuri. Apalagi sempat beredar foto Firli dengan SYL di sebuah lapangan bulu tangkis.

Firli menjelaskan beredarnya foto pertemuan dirinya dengan SYL yang membuat publik geger. Foto tersebut beredar, setelah KPK menyelidiki kasus dugaan korupsi di Kementan era SYL.

Sementara, ada upaya laporan dugaan pemerasan oleh pimpinan KPK di Polda Metro Jaya. Adapun SYL sudah diperiksa Polda Metro Jaya, beberapa hari lalu. Firli jelaskan, kalau pertemuan tersebut dilakukan sebelum dugaan korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan) terjadi. Dia menyebut, pertemuan itu dilakukan pada Maret 2022, setahun lalu.

“Pertemuan di lapangan bulutangkis antara saya dengan Menteri Pertanian saat itu, saudara Syahrul Yasin Limpo, terjadi sebelum periode tersebut, tepatnya yaitu sekitar pada tanggal 2 Maret 2022. Dan itupun beramai-ramai di tempat terbuka,” ujar Firli dalam keterangannya, Senin 9 Oktober 2023.

Halaman Selanjutnya

Bantahan Firli Bahuri

Halaman Selanjutnya



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *