Robot Bergerak Bantu Padamkan Kebakaran Gudang Munisi TNI Ciangsana Bogor

Minggu, 31 Maret 2024 – 05:25 WIB

Bogor – Penanganan ledakan Gudang Munisi Daerah (Gudmurah) Kodam Jaya, Ciangsana, Bogor, Jawa Barat, terus dilakukan hingga Minggu dini hari. Robot pun diterjunkan untuk membantu pemadaman kebakaran yang terjadi.

Baca Juga :

Daftar Anggota TNI dan Polri yang Tewas Diserang KKB Sepanjang 2024

Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI, Satriadi Gunawan mengatakan, pihaknya menurunkan dua robot khusus untuk memadamkan api di lokasi.

“Malam ini kita mengerahkan hampir sejuta 16 unit dengan dua unit robotik ditambah unit-unit mobil pompa,” kata Satriadi saat ditemui di kawasan Gudmurah, Ciangsana, Minggu, 31 Maret 2024.

Baca Juga :

5 Fakta Gudang Amunisi TNI Milik Kodam Jaya Meledak di Ciangsana Bogor

Kepala Dinas Damkar dan Penanggulangan Bencana DKI Jakarta Satriadi Gunawan

Photo :

  • VIVA / Vicky Fazri (Jakarta)

Satriadi menjelaskan peran robot itu dalam pemadaman yang dilakukan. Dua unit robotik itu nantinya akan menyisir lokasi gudang yang terdampak kebakaran, sedangkan unit mobil pompa yang lain akan memadamkan api di sekitar wilayah yang terdampak.

Satriadi melanjutkan, dua unit robotik yang dikendalikan oleh petugas dari jarak 200 meter itu bertugas untuk mendeteksi titik api yang ada di lokasi.

“Robot itu membaca lokasi itu masih ada titik apinya atau tidak? titik panasnya masih ada enggak? Kalau enggak ada berarti kita lihat keterangan, berarti sudah aman,” kata Satriadi.

Jika di kawasan tersebut tidak ada titik api, maka petugas akan masuk untuk melakukan pendinginan dengan teknik khusus. Namun, jika robot tersebut mendeteksi titik api, maka robot itu akan melakukan pemadaman dengan menggunakan spray khusus.

Baca Juga :

Bantu Tangani Ledakan Gudang Munisi TNI, Irjen Karyoto Prioritaskan Ini

Baca Juga  Kendaraan Pemudik Bercampur dengan Truk Padati Pelabuhan Merak

Ledakan gudang amunisi TNI AD.

Ledakan gudang amunisi TNI AD.

Hingga saat ini, unit-unit yang telah disiapkan jajaran Dinas Gulkamart DKI Jakarta telah masuk ke lokasi gudang yang terbakar.

Pangdam Jaya Mayor Jenderal TNI Mohamad Hasan pun menjelaskan kronologi detik-detik terjadi kebakaran di Gudmurah Kodam Jaya, Desa Ciangsana, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Sabtu petang.

Hasan menceritakan peristiwa itu terjadi setelah masa berbuka puasa. Ledakan juga terjadi di Gudang 6 dari 16 gudang yang ada di Gudmurah.

“Jadi, pada pukul 18.05 tadi, ditemukan adanya asap di gudang nomor 6, Gudmurah Kodam Jaya ini,” kata Pangdam di lokasi. (Ant)

Halaman Selanjutnya

Pangdam Jaya Mayor Jenderal TNI Mohamad Hasan pun menjelaskan kronologi detik-detik terjadi kebakaran di Gudmurah Kodam Jaya, Desa Ciangsana, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Sabtu petang.

Halaman Selanjutnya



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *