Mencekam, Sonora Jadi Medan Baku Tembak Aparat Gabungan dan KKB

Selasa, 23 Januari 2024 – 08:03 WIB

Meksiko – Belasan orang kelompok kriminal bersenjata (KKB) tewas di jalan raya dekat Hermosillo, Negara Bagian Sonora, Meksiko utara, dalam apa yang disebut oleh aparat gabungan sebagai upaya gagal untuk membebaskan putra seorang pembunuh bayaran kartel narkoba.

Baca Juga :

3 Anggota KKB Anak Buah Guspi Waker Tewas Ditembak Pasukan Gabungan TNI-Polri

Dua belas orang dari KKB dinyatakan tewas, tujuh lainnya berhasil melarikan diri, dan yang lainnya terluka parah, menurut laporan Kantor Kejaksaan Sonora dalam sebuah pernyataan resmi, melansir NDTV, Selasa, 23 Januari 2024.

Baca Juga :

Masih Mencekam, Polisi Ekuador Tangkap 68 Anggota Geng Narkoba yang Ingin Ambil Alih RS

Ilustrasi kepolisian Meksiko

Dua aparat polisi ikut menjadi korban dan kini dirawat di rumah sakit setelah baku tembak dengan kelompok kriminal bersenjata kartel narkoba. Tetapi, sekarang kondisinya dalam keadaan stabil, ungkap pernyataan Kantor Kejaksaan Sonora.

Baca Juga :

Respons Rafathar Saat Tahu Raffi Ahmad Pernah Ditangkap karena Kasus Narkoba

Mereka mencurigai KKB tersebut berusaha membebaskan putra Jesus Humberto Limon yang sedang dalam penahanan aparat gabungan, yang mana adalah tersangka pembunuh bayaran yang bekerja untuk faksi Kartel Sinaloa pimpinan putra Joaquin “El Chapo” Guzman.

Sementara putranya, Carlos Humberto, ditahan beberapa menit sebelumnya karena sebuah kasus kejahatan di Camino del Seri.

Kantor Kejaksaan Sonora juga mengatakan agen-agen pemerintah menjadi sasaran kelompok kriminal bersenjata pada Sabtu sore pekan lalu di jalan raya yang menghubungkan Ibu Kota Negara Bagian Hermosillo dengan Bahia de Kino, namun aparat gabungan berhasil menghalau serangan brutal itu. 

Ilustrasi kepolisian Meksiko

Ilustrasi kepolisian Meksiko

Hal ini terjadi ketika Pemerintah Meksiko bersiap untuk sidang pengadilan yang telah lama tertunda pada 22 Februari 2024, mengenai upaya banding untuk meminta pertanggungjawaban para produsen senjata di pengadilan AS atas perdagangan senjata ke organisasi kriminal di perbatasan.

Halaman Selanjutnya

Source : The Guardian

Halaman Selanjutnya



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *