KSAD Jenderal Maruli Dapat Gelar ‘Panglima Ahli Besi’ dari Kesultanan Ternate, Ini Maknanya

Selasa, 6 Februari 2024 – 09:26 WIB

Ternate – Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjutak menerima gelar kehormatan dari Sultan Ternate Ke-49, Hidayat M Syah, Senin, 5 Februari 2024. Ia dinobatkan sebagai ‘Kapita Ahi Besi Malamo’ yang artinya Panglima Ahli Besi Angkatan Darat Besar.

Baca Juga :

Daftar KSAD Berdarah Batak, Ada Jenderal Bintang 5 Peraih Gelar Pahlawan Nasional

Jo Hukum Soa Sio Kesultanan Ternate, Gunawan Yusuf Radjim mengatakan gelar Kapita Ahi Besi Malamo yang diberikan kepada KSAD Jenderal Maruli sebagai pimpinan militer matra darat sebagai perangkat pemerintahan di Kesultanan Ternate.

“Di bidang militer sendiri dimana Kesultanan Ternate adalah negara maritim, maka pucuk pimpinan militer dikepalai oleh seorang Laksamana laut yang dinamakan Kapita Lao atau Panglima Laut,” ujar Jo Hukum Soa Sio Kesultanan Ternate, Gunawan Yusuf Radjim.

Baca Juga :

Sosok Mantan Panglima TNI Terima Penghargaan dari Singapura

KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak menerima gelar dari Kesultanan Ternate

Menurut Gunawan, Kesultanan Ternate yang berdiri sejak tahun 1257 dipimpin oleh seorang Kolano atau Sultan dibantu oleh perangkat pemerintahan.

Baca Juga :

KSAD Klaim Situasi Papua Selama Pemilu Aman

“Yang dikenal dengan istilah Bobato dimana Bobato ini secara garis besar dibagi dalam dua kelompok besar yakni Bobato Dunia dan Bobato Akherat,” ujarnya
 
Dalam struktur Bobato Dunia ada bagian-bagian yang diberi kewenangan dan tanggung jawab menjalankan kewajiban sipil dan militer sebagaimana negara juga memiliki kekuatan militer.

Gunawan juga mengaku, terdapat pula matra darat yang dipimpin oleh seorang Panglima Teritorial yang dinamakan Kapita Kie selaku panglima teritorial darat.

Dalam kedua struktur tersebut membawahi masing-masing pasukan yang dipimpin oleh masing-masing Kapita atau Panglima sebagaimana matra masing. 

Baca Juga  7 Alasan Anda Harus Putuskan Hubungan dengan Teman yang Negatif, Bikin Rusak Mental

Untuk matra laut pasukan atau kesatuan prajurit yang disebut Ngofangare atau tentara itu dipimpin oleh Kapita Ori ma Ahi.

Ori artinya penyu dan ahi adalah kulit sehingga pasukan ini menyerupai karakter seekor penyu yang bisa hidup di darat dan di laut dengan tubuh yang kuat dengan kulit yang keras.

Sementara untuk matra darat pasukannya dipimpin oleh seorang Kapita Ahi Besi. Ahi artinya Kulit dan Besi adalah besi yang sangat keras yang hanya bisa berhadapan dengan kekuatan yang sama keras pula.

KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak menerima gelar dari Kesultanan Ternate

KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak menerima gelar dari Kesultanan Ternate

“Karakter besi inilah yang menjadi karakter angkatan darat kesultanan yang memiliki kekuatan yang sangat keras sebagaimana besi yang hanya bisa dibentuk jika dipanaskan,” tegasnya

Ia menerangkan kedatangan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjutak sendiri menjadi hal baik bagi kesultanan.

Selain, diberi gelar sebagai Kapita Ahi Besi Malamo, Kesultanan Ternate berharap KSAD dengan jabatan adat selaku Kapita Ahi Besi Malamo dapat menjadi pemimpin yang besar dengan karakter yang sangat kuat sehinga dapat mangawal dan menjaga bangsa ini.

“Dan juga bisa menjadi bangsa yang besar dan mulia dan memiliki kedaulatan sebagaimana Sang Pahlawan Penguasa 72 Negeri dan Khalifah Imperium Nusantara Sultan Baabulah yang sangat disegani oleh bangsa eropa di abad ke 16,” tandasnya

Laporan: Ikbal Arsyad/tvOne Ternate
 

Halaman Selanjutnya

Dalam kedua struktur tersebut membawahi masing-masing pasukan yang dipimpin oleh masing-masing Kapita atau Panglima sebagaimana matra masing. 

Halaman Selanjutnya



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *