Bawaslu Pantau Ketat PSU Malaysia Usai Temukan Pemilih Tak Sesuai NIK

Minggu, 10 Maret 2024 – 09:55 WIB

Jakarta – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI menemukan pemilih yang tidak sesuai dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dalam pemungutan suara ulang (PSU) di Malaysia. Rencananya, PSU di Malaysia digelar hari ini, Minggu, 10 Maret 2024.

Baca Juga :

Tiga Kerawanan PSU Kuala Lumpur Hari Ini yang Disorot Bawaslu

Anggota Bawaslu RI, Lolly Suhenty mengatakan pihaknya melakukan pencermatan melalui sampling di cekdptonline.kpu.go.id.  Hasil pencermatan, pihaknya menemukan masih adanya pemilih yang belum sesuai antara NIK dengan informasi lokasi DPT KSK/TPSLN.

“Karena itu, Bawaslu melakukan pengawasan melekat pada hari pemungutan suara, agar yang datang ke TPS atau KSK adalah pemilih yang memenuhi syarat sebagai pemilih PSU sesuai dengan lokasi yang ditetapkan,” kata Lolly dalam keterangannya, Minggu, 10 Maret 2024. 

Baca Juga :

Dr. Syahganda Nainggolan: Marhaban Ya Ramadhan

Proses Pemungutan suara pemilu 2024. (foto ilustrasi)

Photo :

  • VIVA.co.id/Sherly (Tangerang)

Lolly lanjut menjelaskan, meskipun berdasarkan hasil koordinasi dengan KPU, Form Model C Pemberitahuan telah terdistribusi 100 persen kepada pemilih Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kuala Lumpur, pihaknya masih menemukan adanya potensi pemberitahuan yang tidak tepat sasaran.

Baca Juga :

Ganjar: Kami masih Berjuang sampai Tanggal 20 Maret

Maka dari itu, Bawaslu kata dia akan melakukan koordinasi dengan jajaran KPU secara intensif agar semua kerawanan bisa diantisipasi sejak dini.

“Semua strategi ini dilakukan agar PSU berjalan lancar, sesuai prosedur, dan partisipasi masyarakat dapat tetap terjaga,” tutur Lolly.

Halaman Selanjutnya



Quoted From Many Source

Baca Juga  Apple CEO Tim Cook to Visit Indonesia for Investment Discussion

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *