Alutsista TNI AU Bertambah, Pesawat Jet Falcon 8X Pesanan Prabowo dari Perancis Tiba di Indonesia

Kamis, 9 November 2023 – 15:23 WIB

Jakarta – TNI Angkatan Udara kembali diperkuat alutsista terbaru, yaitu Pesawat Jet Falcon 8X buatan perusahaan ternama Dassault Aviation, Perancis. 

Baca Juga :

Di Hadapan Kiai-kiai, Prabowo Jelaskan Kebijakan Strategis Jokowi demi Indonesia Mandiri

Pesawat jet VVIP pesanan Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Menhan RI) Prabowo Subianto itu tiba di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur pada Rabu, 8 November 2023 kemarin.

Pesawat Falcon 8X yang memiliki nomor registrasi A-0801 itu mendarat di Lanud Halim Perdanakusuma dan disambut oleh Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo. 

Baca Juga :

Survei indEX: Gerindra Mengintip Peluang Naik ke Peringkat Pertama Mengalahkan PDIP

“Pesawat Falcon 8X A-0801 menjadi kekuatan Skadron Udara 17 Lanud Halim Perdanakusuma sebagai pesawat Komando Pengendalian (Kodal) bagi unsur pimpinan TNI/TNI AU dalam menjalankan tugasnya,” kata Marsekal TNI Fadjar Prasetyo dilansir VIVA Militer dari keterangan resmi Dispenau, Kamis, 9 November 2023.

Pesawat produksi perusahan asal Perancis “Dassault Aviation” ini memiliki berbagai keunggulan. Dengan tiga mesin mampu terbang jelajah 11.945 km serta memiliki kemampuan takeoff dan landing di runway yang pendek. 

Baca Juga :

Gerindra Blak-blakan Sebut Ada Upaya Sistematis untuk Mendegradasi Prabowo-Gibran

Selain itu, Falcon 8X memiliki desain kokpit baru yang lebih modern, kinerja mesin yang ditingkatkan dari segi daya dorong dan efisiensi bahan bakar, tanki bahan bakar yang lebih besar, serta desain struktur baru untuk optimasi pesawat. Dan yang cukup penting adalah kecepatannya bisa mencapai 0.9 Mach Number, yang artinya diatas 500 knots atau 900 km/jam.

VIVA Militer: Pesawat Jet Falcon 8X disambut Water Salute di Lanud Halim PK

Untuk diketahui, kedatangan Pesawat Falcon 8X di tanah air ini bagian dari kontrak awal pengadaan Interim Multi Role Combat Aircraft (MRCA), yang juga mencakup 6 pesawat tempur Rafale. Ini merupakan tahap awal dari kontrak pengadaan total 36 pesawat Rafale lainnya.

Baca Juga  Kantongi Sertifikasi Halal, Tempat Kuliner Ini Tambah Cabang Baru

Sebelumnya, untuk keperluan latihan dan familiarisasi, TNI AU telah menerima pesawat interim Falcon 7X dan 8X pada bulan Desember 2022 lalu. Kedua pesawat ini telah dimanfaatkan untuk pelatihan pilot, mekanik, kabin kru, serta dukungan operasi terbatas sebagai bagian dari latihan profisiensi awaknya.

Pengiriman pesawat Falcon 8X oleh “Dassault Aviation” ke Indonesia menyertakan dua penerbang Skadron Udara 17, yakni Lettu Pnb Priandaru dan Lettu Pnb Cessa. Falcon 8X menempuh penerbangan selama 8 jam dari Dubai (UEA) hingga mendarat di tanah air.

Untuk diketahui pula, kedatangan pesawat jet VVIP jenis Falcon 8X itu langsung disambut upacara water salute, dilanjutkan dengan penyiraman air kembang di nose atau hidung pesawat dan pengalungan bunga kepada kru pesawat oleh KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

Sejumlah pejabat utama Mabesau dan Kementerian Pertahanan turut hadir dalam menyambut kedatangan pesawat canggih Falcon 8X tersebut, diantaranya adalah Pangkoopsudnas Marsdya TNI Mohamad Tonny Harjono dan Dankodiklatau Marsdya TNI Ir. Tedi Rizalihadi. 

Halaman Selanjutnya

Untuk diketahui, kedatangan Pesawat Falcon 8X di tanah air ini bagian dari kontrak awal pengadaan Interim Multi Role Combat Aircraft (MRCA), yang juga mencakup 6 pesawat tempur Rafale. Ini merupakan tahap awal dari kontrak pengadaan total 36 pesawat Rafale lainnya.

Halaman Selanjutnya



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *